Rabu, 18 Juni 2008

Italia singkirkan Perancis

Dikutip dari BBC Indonesia.
de Rossi mencetak gol kedua untuk Italia
de Rossi mencetak gol kedua untuk Italia
Italia memastikan maju ke perempat final Piala Eropa 2008 setelah menang 2-0 atas Perancis, dan akan menghadapi Spanyol.

Kepastian Italia ini terjadi karena dalam pertandingan lainnya di grup C, Rumania kalah 0-2 dari juara grup Belanda.

Pertandingan Italia melawan Perancis di Zurich berlangsung dramatis, diwarnai kartu merah, cedera dan penalti.

Italia mendapatkan tendangan penalti di babak pertama ketika di menit 25, pemain Perancis, Eric Abidal menjatuhkan penyerang Italia Luca Toni di kotak penalti.

Abidal mendapatkan kartu merah karena pelanggaran tersebut, dan kemudian Andrea Pirlo menjadi algojo Italia guna memastikan keunggulan 1-0.

Sebelumnya, Perancis harus kehilangan salah satu pemain terbaiknya, ketika Frankc Ribery harus keluar lapangan karena cedera, dengan kemungkinan mengalami patah kaki.

Daniele De Rossi membuat Italia unggul 2-0 ketika di menit ke-62 ketika tendangan bebasnya mengenai kaki Thierry Henry dan bola berubah arah sehingga mengecoh kiper Perancis Gregory Coupet .

Pertandingan diwarnai insiden ketika di menit kesembilan, Ribery, bintang lapangan tengah Perancis mengalami cedera serius setelah bertabrakan dengan
Gianluca Zambrotta.

Dia langsung memegang kaki kirinya, dan dibawa dengan mobil golf ke luar lapangan dengan kemungkinan kaki kirinya patah.

Masalah Perancis bertambah buruk ketika Pirlo mencetak gol dari titik penalti menyusul kartu merah bagi Abidal.

Untuk memperkuat barisan pertahanan, manajer Perancis Raymond Domenech, yang sebelumnya memasukkan Samir Nasri menggantikan Ribery setelah 10 menit, harus mengganti Nasri dengan pemain belakang Jean-Alain Boumsoung.

Di barisan Italia, Andrea Pirlo dan Gennaro Gattuso terkena kartu kuning dan tidak akan diturunkan dalam pertandingan perempat final melawan Spanyol hari Minggu di Wina.

Belanda-Rumania

Sementara itu dua gol dari Klaas-Jan Huntelaar dan Robin van Persie memberi kemenangan 2-0 Belanda atas Rumania.

Huntelaar mencetak gol pertama di menit 54 setelah mendapat umpan silang dari sisi kanan oleh Ibrahim Afellay.

Van Persie memastikan kemenangan Belanda dengan tendangan gledek dari kaki kirinya di menit ke-87.

Dengan demikian Belanda mencatat rekor 100 persen di grup C, menang tiga kali, dan akan menghadapi Swedia atau Rusia di perempat final.

Tidak ada komentar: