Rabu, 11 Juni 2008

Portugal mendapat tiket ke perempat final Euro 2008

Ronaldo, setelah mencetak gol ke-3 Portugal di menit ke-63

JENEWA
- Portugal menjadi tim pertama yang meraih tiket ke perempat final. Kepastian tersebut mereka peroleh usai memecundangi Republik Ceko 3-1 (1-1).

Portugal membuka keunggulan melalui kaki Deco de Souza. Gelandang berdarah Brazil itu menceploskan bola melewati hadangan pemain belakang Rep Ceko Marek Jankulovski. Sebelumnya, dia menerima bola muntah dari kiper Ceko Petr Cech yang tak mampu menghentikan aksi Cristiano Ronaldo.

Sembilan menit setelah gol Deco, gelandang Ceko Libor Sionko menyamakan kedudukan. Sionko mencetak gol dengan sundulan memanfaatkan tendangan sudut yang dilakukan Jaroslav Plasil. Portugal kembali unggul melalui tendangan kaki kanan Ronaldo pada menit ke-63. Disusul Quaresma di masa injury time memanfaatkan umpan Ronaldo.

Dengan hasil itu, Portugal meraih poin sempurna (enam poin) dari dua laga. Sebelumnya, tim asuhan Luis Felipe Scolari itu sudah mendapatkan tiga angka di laga pertama melawan Turki. Sementara, Ceko terpaku dengan tiga angka setelah menang atas Swiss di pembuka.

***

Sementara itu, Turki mengalahkan Swiss dengan skor 2-1. Kemenangan Turki ini memupus harapan tuan rumah untuk lolos ke babak perempat final. Sebenarnya pertandingan ini akan berakhir seri jika Ardan Turan tidak menghasilkan gol di babak injury time, tepatnya di menit ke 90+2, yang menjadi penentu kemenangan Turki. Gol-gol Turki, selain dicetak oleh Ardan Turan, juga dicetak oleh
Semih Şentürk pada menit ke 57. Sedangkan gol Swiss dicetak oleh Hakan Yakin di menit ke-32.

Pemain Turki Arda Turan (kanan), berebut bola dengan pemain Swiss, Stephan Lichtsteiner.

Tidak ada komentar: