Rabu, 30 Juli 2008

BINTANG MAHAL

[ Rabu, 30 Juli 2008 ]

Datangkan Robbie Keane, Liverpool Bayar Rp 367 Miliar


LIVERPOOL - Mimpi jadi kenyataan. Itulah yang dirasakan Robbie Keane saat diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Liverpool di Stadion Anfield kemarin (29/7). Penyerang yang digaet dari Tottenham Hotspur itu menjadi pemain termahal sementara di bursa transfer Premier League Inggris musim 2008/2009.

Liverpool harus merogoh kocek hingga 19 juta pounds untuk mendapatkan Keane. Ditambah beberapa prosedur administrasi, transfer penyerang 28 tahun tersebut mencapai kisaran 20,3 juta pounds atau sekitar Rp 367,8 miliar (kurs 1 pounds = Rp 18.121). Liverpool mengontrak Keane dengan durasi empat tahun ke depan. Dia akan mendapatkan gaji 80 ribu pounds atau sekitar Rp 1,45 miliar per pekan.

"Sejak kecil, saya adalah fans Liverpool. Saya menunggu kapan bisa mengenakan kostum merah," kata Keane seperti dikutip Reuters.

Keane mengaku, dirinya saat remaja bercita-cita masuk Akademi Liverpool. Namun, persaingan yang ketat dan pertimbangan waktu membuatnya menjatuhkan pilihan ke Wolverhampton Wanderers. "Sekarang, saya berada dalam usia yang tepat untuk membawa Liverpool meraih sukses," ujarnya.

Sekalipun menikmati euforia bergabung dengan The Reds (julukan Liverpool), Keane tetap memberikan apresiasi kepada mantan klubnya, Spurs (julukan Tottenham Hotspur). Menurut Keane, keputusannya meninggalkan Spurs semata untuk mengejar impian, bukan karena tidak betah di White Hart Lane, kandang Spurs.

"Enam tahun (bersama Spurs, Red) bukan waktu yang singkat. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada fans, pemain, termasuk chairman Spurs," tutur penyerang yang mencetak 197 gol bersama Spurs di berbagai ajang itu.

Keane dihadirkan di Liverpool untuk mengisi kursi lowong sepeninggal Peter Crouch yang hengkang ke Portsmouth. Bedanya, jika Crouch hanya menjadi cadangan, Keane diplot sebagai partner Fernando Torres di lini depan Liverpool.

Pelatih Liverpool Rafael Benitez membenarkan anggapan bahwa Keane bisa menjadi tandem serasi Torres. Sepanjang musim lalu, Torres memang lebih banyak dimainkan sebagai lone striker atau penyerang tunggal. Meski demikian, pahlawan Timnas Spanyol saat menjuarai Euro 2008 tersebut mampu mencetak 33 gol.

Pertanyaannya, apakah dengan dipasangkan dengan Keane, lini depan The Reds (julukan Liverpool) makin haus gol? "Kami mencari penyerang yang punya intelegensi dan pergerakan lincah untuk membantu kinerja Torres. Robbie Keane adalah nama yang kami harapkan bisa memenuhi kriteria itu," tutur Benitez seperti dilansir situs Goal.

Seberapa dahsyat duet Torres-Keane? Ini masih perlu dibuktikan. Rencananya, tandem itu bakal dicoba Benitez saat Liverpool menghadapi klub Spanyol, Villarreal, dalam rangkaian preseason hari ini. Yang pasti, Benitez kini punya banyak opsi di sektor depan. Sebab, The Reds masih mempunyai Dirk Kuyt, Andriy Voronin, dan penyerang baru lainnya, David Ngog.

"Saya bekerja sama dengan baik bersama Dimitar Berbatov di Spurs. Saya tidak sabar berduet dengan Torres. Sebab, saya bisa bermain sejajar atau di belakangnya (second striker, Red)," kata Keane kepada Sportinglife.

Setelah Keane, Benitez sepertinya belum akan berhenti memburu pemain baru, terutama pemain tengah. Winger Timnas Spanyol dan Valencia David Silva serta gelandang Timnas Inggris asal Aston Villa Gareth Barry berpotensi menjadi penghuni Anfield berikutnya. (dns/ca)

Dikutip dari Harian Jawa Pos

Tidak ada komentar: